Kejari Sidoarjo Tetapkan Dua Tersangka Kasus Pungli PG Krembung

Sidoarjo – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo menetapkan dua tersangka dalam kasus pungutan liar (pungli) di Pabrik Gula (PG) Krembung Sidoarjo. Dua tersangka itu diduga melakukan pungli sebesar Rp 1,6 Miliar.

Dua tersangka yakni Dadang Retyoatmoko Manajer Keuangan dan Muhammad Suyono Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat PG Krembung.

Menurut Kasi Pidana Kusus (Pidsus) Kejari Sidoarjo Adi Harsanto, setelah dilakukan pemeriksaan, dua orang saksi terkait kasus pungutan liar di PG Krembung Sidoarjo ditetapkan menjadi tersangka.

“Setelah mempunyai alat bukti yang kuat, kita tetapkan dua orang menjadi tersangka,” kata Adi Harsanto pada wartawan, Senin (6/11/2017).

Adi menegaskan, untuk kerugian negara pihaknya masih melakukan pendalaman. Dari informasi yang dihimpun, kasus pungli di PG Krembung Sidoarjo yang berada dibawah naungan PTPN X, total mencapai Rp 1,6 miliar.

“Pungutan liar tersebut dilakukan langsung ke petani setiap bulannya. Besarnya bervariasi menurut hasil panennya,” tegas Adi.

Masih kata Adi, pungutan liar tersebut dilakukan mulai tahun 2015 hingga tahun 2017.

“Kita tetapkan tersangka dengan pasal 2 pasal 3 kemudian ke pasal 12e pasal 11 dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara, dan untuk sementara kami titipkan ke Lapas Kelas II A Sidoarjo,” jelasnya.

Sumber : detik